Reza Darmawan, S.E, M.M

Adalah sosok pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan selalu ingin membawa perubahan kearah lebih baik bagi lingkungan dimana ia berada. Disamping sebagai seorang pengusaha, Ia juga seorang politikus yang tiga periode berturut-turut duduk sebagai anggota DPRD Kota Kediri.

Sosok yang hobi berolah raga dan gemar menikmati wisata kuliner nusantara ini, lahir di Semarang, 11 Desember 1980 dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang menjunjung tinggi Ilmu Pengetahuan (keluarga dokter) dan agamis. Ayahnya dr.H.Sugito (almarhum) dan sang ibu Hj.Suyatmi adalah pendiri Yayasan Nirmala yang bergerak dibidang kesehatan, sekaligus pendiri Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nirmala Kota Kediri. Sebagai putra ke Tiga dari Lima bersaudara, Ia menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri, pendidikan S1 di Universitas Trisakti Jakarta.

Reza Darmawan juga tergolong orang yang kepo – selalu ingin tahu – tentang berbagai hal di sekitarnya apalagi persoalan yang menyangkut hajat hidup banyak orang. Bersama sang istri dr.Mardiana Sp.DV, bapak dua anak ini juga berkecimpung dalam usaha perdagangan alat-alat kesehatan, termasuk mengelola sejumlah usaha dibidang pertanian dan tanaman organik serta perikanan.

Pemuda enerjik ini punya segudang kesibukan, selain sebagai anggota legislatif yang selalu lantang menyuarakan aspirasi dari para konstituen nya (masyarakat), dan menentang berbagai kebijakan yang dinilai tidak berpihak kepada masyarakat,  Reza Darmawan juga aktif diberbagai organisasi sosial kemasyarakatan, sebagai Ketua KNPI Kota Kediri dari tahun 2016-2020 (Dua Periode), Ketua Asosiasi Futsal Kota Kediri (AFKOT) tahun 2017-2020, Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kota Kediri tahun 2018-2020, Pembina Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tahun 2018-sekarang, Pengurus Asosiasi Futsal Provinsi (AFPROV) Jawa Timur tahun 2019-sekarang.

Sejak kecil, penggemar film-film Sejarah dan Fiksi Ilmiah ini tergolong supel dan mudah bergaul. Tak heran, keberadaannya selalu diterima bahkan dipercaya menjadi leader dibanyak organisasi. Reza Darmawan mulai terjun ke dunia politik tahun 2009 dan langsung berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu anggota DPRD Kota Kediri termuda saat itu. Berbekal kemampuan mengorganisir kegiatan dan memiliki gagasan-gagasan pembaharuan, Ia semakin mantap menekuni karir politiknya dan terbukti dalam tiga kali pemilu berhasil menduduki kursi legislatif dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Politik adalah seni kehidupan, untuk mewujudkan kehidupan lebih baik salah satu jalannya lewat politik. Prinsip itulah yang membuat Reza Darmawan semakin mantap berkecimpung di dunia politik, dan bertekad akan terus membawa maslahat untuk masyarakat.

Reza Darmawan, S.E, M.M

Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 5 Mojoroto Kota Kediri

Contact Person :


Riwayat Organisasi

POBSI Kota Kediri (2004-2008)
Bermula dari hobi olahraga dan permainan ketangkasan, ditambah banyaknya relasi dari kalangan pebiliar profesional, Reza Darmawan masuk lebih dalam ke komunitas olahraga yang mengutamakan skill dan ketangkasan serta konsentrasi ini. Tak butuh waktu lama, Ia didaulat menjadi ketua Persatusan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Kediri selama satu periode (2004-2008). Dibawah kepemimpinannya, POBSI Kota Kediri mengalami banyak perubahan utamanya secara administratif lebih tertata. Pun dengan prestasi olahraga memasukkan bola kedalam lubang meja menggunakan stik, POBSI Kota Kediri juga tak pernah absen mengirimkan atletnya untuk mengikuti kejuaran biliar tingkat regional hingga nasional.

Karena kesibukan yang semakin meningkat, Reza Darmawan kemudian melepas jabatan ketua dalam Musda POBSI Kota Kediri tahun 2008, meskipun mayoritas anggota menghendaki dirinya kembali memimpin POBSI untuk periode selanjutnya.

HIPMI Kota Kediri (2011-2017) & HIPMI Jawa Timur (2019-2024)
Berlatar belakang pengusaha dibidang alat kesehatan, Reza Darmawan cukup lama aktif terlibat dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia terpilih menjadi ketua dalam Musyawarah Daerah HIPMI Kota Kediri tahun 2011 untuk masa bhakti selama Tiga tahun. Pada Musda HIPMI Kota Kediri tahun 2014, Ia kembali terpilih menjadi ketua hingga tahun 2017.

Selanjutnya pada tahun 2019 Reza Darmawan masuk dalam jajaran kepengurusan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur hingga sekarang.

KNPI Kota Kediri (2016-2020) & KNPI Jawa Timur (2019-2024)
Sebagai pemuda yang aktif berorganisasi, tentunya Reza Darmawan tak lepas dari kegiatan kepemudaan.Sosok yang memang supel dalam pergaulan dan humble (rendah hati) begitu mudah diterima dikalangan organisasi kepemudaan. Sekian lama berkecimpung dalam organisasi kepemudaan, pada tahun 2016, Ia dipercaya sebagai ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri melalui Musyawarah Daerah (Musda).

Begitu terpilih sebagai ketua KNPI, Ia langsung bergerak cepat merangkul seluruh wadah Organisasi Kepemudaan (OKP) se Kota Kediri. Hasilnya, berbagai event kepemudaan mulai terlaksana secara rutin, termasuk salah satu event yang hingga kini menjadi agenda rutin di Kota Kediri yakni Kirab Bendra Merah Putih Raksasa setiap peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.

Pada Musda KNPI Kota Kediri tahun 2018, Reza Darmawan kembali terpilih sebagai ketua. Belum genap Dua periode menjabat sebagai ketua KNPI Kota Kediri, Reza Darmawan ditarik untuk bergabung kedalam jajaran pengurus KNPI Provinsi Jawa Timur hingga tahun 2024.

Asosiasi Futsal Kota (AFKOT) Kediri (2017-2020) & Asosiasi Futsal Provinsi (AFPROV) Jawa Timur (2019-2024)

Kegemaran berolahraga membuat Reza Darmawan tak ingin tinggal diam dan pasif melihat perkembangan olahraga futsal di kota nya. Atas dasar itu, Ia kemudian masuk lebih dalam dan mencoba ikut terlibat mengembangkan olahraga yang saat itu sedang tren di kota Kediri, yakni Futsal.

Berbekal kemampuan dalam mengelola organisasi, Ia terjun langsung dalam organisasi olahraga bernama Asosiasi Futsal Kota (AFKOT) Kediri. Dan tak lama berselang, Ia pun di daulat menjadi ketua asosiasi dalam Kongres AFKOT Kediri tahun 2017.

Berkat sentuhan tangan dinginnya, AFKOT Kediri lumayan aktif dalam pembinaan olahraga futsal dan mengirimkan tim futsal Kota Kediri ke berbagai ajang kejuaraan tingkat regional maupun nasional. Prestasi yang pernah ditorehkan tim futsal Kota Kediri adalah lolos ke babak final dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim.

Dengan menggandeng pemain futsal profesional berikut ofisial tim, tim futsal Kota Kediri termasuk disegani di kancah futsal tanah air. Termasuk diantaranya membentuk tim futsal putri yang hingga kini tetap eksis mengikuti berbagai ajang kejuaraan futsal di tanah air.

Dinilai berhasil memajukan futsal Kota Kediri, Reza Darmawan kemudian ditarik untuk ikut serta dalam kepengurusan Asosiasi Futsal Provinsi (AFPROV) Jawa Timur pada tahun 2019. Hingga kini nama Reza Darmawan masih tercatat sebagai Ketua Devisi Olahraga AFPROV Jatim.

Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Kota Kediri (2018-2020)
Meskipun lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga berada, naluri untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi sesama membawa Reza Darmawan terjun dalam pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kepedulian terhadap nasib wong cilik membuatnya tak canggung untuk bergaul dengan para pedagang kaki lima, bahkan Ia berupaya sekuat tenaga mencarikan fasilitas bagi pedagang kecil yang kebanyakan beroperasi di pinggir jalan berupa permodalan maupun perlengkapan usaha.

Tahun 2018, Ia menjembatani lahirnya Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Kota Kediri yang merupakan kepanjangan tangan dari organisasi para pedagang kaki lima di tingkat pusat dan provinsi. Para PKL di Kota Kediri yang jumlahnya mencapai ratusan diakomodir dalam wadah APKL Kota Kediri, dan mayoritas PKL kemudian memilihnya menjadi ketua asosiasi. 

Tinggalkan Balasan

Gulir ke Atas